RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN

Sekolah               : SMP Islam Al- Maarif 02 Singosari
Mata Pelajaran    : MATEMATIKA
Kelas /  Semester    : IX   /   I
Alokasi Waktu    : 16 x 40 Menit (  8 Pertemuan )

A.Standart Kompetensi
    1.Memahami Kesebangunan bangun-bangun datar dan penggunaannya dalam
       pemecahan masalah
B.Kompetensi Dasar
    1.1.Mengidentifikasi bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen
    1.2 Mengidentifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen
    1.3 Menggunakan konsep kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah
C.Indikator
    1.Mendiskusikan dua bangun yang sebangu atau kongruen melalui model bangun datar
    2.Mengidentifikasi dua bangun datar sebangun atau kongruen
    3.Membedakan pengertian sebangun dan kongruen dua segitiga
    4.Menyebutkan sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen
    5.Menentukan perbandingan sisi-sisi dua segitiga yang sebangun dan menghitung
       panjangnya
    6.Memecahkan masalah yang melibatkan kesebangunan dan kongruen 
D.Tujuan Pembelajaran
    1.Membedakan dua model bangun datar yang kongruen dan yang tidak kongruen
    2.Membedakan dua gambar bangun datar yang kongruen dan tidak kongruen
    3.Menggambar dua bangun yang kongruen dan yang tidak kongruen
    4.Menemukan syarat dua bangun datar  yang kongruen
    5.Menghitung panjang sisi yang belum diketahui dari dua gambar bangun datar  yang
       kongruen
    6.Membedakan dua model bangun datar yang sebangun dan yang tidak sebangun
    7.Membedakan dua gambar bangun datar yang sebangun dan yang tidak sebangun
    8.Menggambar dua bangun yang sebangun dan yang tidak sebangun
    9.Menemukan syarat dua bangun datar  yang sebangun
    10.Menghitung panjang sisi yang belum diketahui dari dua gambar bangun datar  yang
       sebangun
    11.Menyatakan akibat dari dua segitiga yang kongruen
    12.Membedakan dua sigitiga kongruen atau sebangun
    13.Menggambar dua segitiga yang sebangun
    14.Menemukan syarat dua segitiga yang sebangun
    15.Menghitung panjang sisi yang belum diketahui dari dua ganbar segitiga yang
        sebangun
E.Materi Pembelajaran
    Kesebangunan
F.Metode Pembelajaran
   Cerama , Tanya jawab, diskusi kelompok.
G.Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan ke-1 ( 2 x 40 Menit )
    1.Pendahuluan:
    a.Dengan metode Tanya jawab guru  mengkaitkan materi kekongruenan dengan
       kehidupan sehari-hari, seperti bingkai foto Presiden dan Wakil presiden yang ada di
       dalam kelas
    b.Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran ini
    2.Kegiatan Inti:
    a.Dengan metoda Tanya jawab guru menyuruh siswa menyebutkan jenis-jenis bangun
      datar seperti persegi panjang, persegi,, dan laying-layang
    b.Siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok secara heterogen dengan jumlah
       anggota per kelompok 3 s/d 4 siswa
    c.Masing-masing kelompok mengerjakan dan mendiskusikan lembar tugas yang telah
       disiapkan guru
    d.Guru melakukan penilaian proses  / kinerja kelompok / performns anggotanya
    e.Hasil kerja / diskusi kelompok ditulis dalam lembar hasil kerja kelompok
    f.Dua atau tiga kelompok diminta untuk  mempresentasikan hasil diskusinya dan
      kemudian diadakan diskusi antar kelompok dengan dipandu oleh guru
    g.Siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompok, guru melaksanakan penilain hasil
       kerja
    h.Siswa mengerjakan tugas / soal evaluasi individu
    i.Siswa mengumpulkan hasil evaluasi individu, guru melaksanakan penilaian hasil
      kerja
    3.Kegiatan Penutup
    a.Siswa dipandu untuk membuat rangkuman
    b.Guru memberikan tugas / PR

Pertemuan ke-2 ( 2 x 40 Menit )
    1.Pendahuluan:
    a.Membahas tugas pertemuan sebelumnya
    b Dengan metode Tanya jawab guru  mengingatkan materi kesebangunan dalam kehidupan sehari-hari, seperti pas foto ukuran 3x4 dengan 9x12
    c.Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran ini
    2.Kegiatan Inti:
    a.Siswa diminta menyebutkan jenis-jenis bangun datar seperti segitiga, macam-macam
       segi empat, segi lima, segi enam 
    b.Siswa dikelompokkan  menjadi beberapa kelompok secara heterogen dengan jumlah
       anggota per kelompok 3 s/d 4 siswa
    c.Masing-masing kelompok mengerjakan dan mendiskusikan lembar tugas yang telah
       disiapkan guru
    d.Guru melakukan penilaian proses  / kinerja kelompok / performns anggotanya
    e.Hasil kerja / diskusi kelompok ditulis dalam lembar hasil kerja kelompok
    f.Dua atau tiga kelompok diminta untuk  mempresentasikan hasil diskusinya dan
      kemudian diadakan diskusi antar kelompok dengan dipandu oleh guru
    g.Siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompok, guru melaksanakan penilain hasil
       kerja
    h.Siswa mengerjakan tugas / soal evaluasi individu
    i.Siswa mengumpulkan hasil evaluasi individu, guru melaksanakan penilaian hasil
      kerja
    3.Kegiatan Penutup
    a.Siswa dipandu untuk membuat rangkuman
    b.Guru memberikan tugas / PR

Pertemuan ke-3 ( 2 x 40 Menit )
    1.Pendahuluan:
    a.Membahas tugas pertemuan sebelumnya
    b Dengan metode Tanya jawab guru  mengingatkan materi kekonruenen pada segitiga
       dalam kehidupan sehari-hari, melalui model laying-layang yang dilipat menurut
       diagonal yang terpanjang
    c.Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran ini
    2.Kegiatan Inti:
    a.Siswa diminta menyebutkan jenis-jenis  segitiga yang terbentuk jika laying-layang
       dilipat melalui salah satu diagonalnya dan akibat yang terjadi 
    b.Siswa dikelompokkan  menjadi beberapa kelompok secara heterogen dengan jumlah
       anggota per kelompok 3 s/d 4 siswa
    c.Masing-masing kelompok mengerjakan dan mendiskusikan lembar tugas yang telah
       disiapkan guru
    d.Guru melakukan penilaian proses  / kinerja kelompok / performns anggotanya
    e.Hasil kerja / diskusi kelompok ditulis dalam lembar hasil kerja kelompok
    f.Dua atau tiga kelompok diminta untuk  mempresentasikan hasil diskusinya dan
      kemudian diadakan diskusi antar kelompok dengan dipandu oleh guru
    g.Siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompok, guru melaksanakan penilain hasil
       kerja

    h.Siswa mengerjakan tugas / soal evaluasi individu
    i.Siswa mengumpulkan hasil evaluasi individu, guru melaksanakan penilaian hasil
      kerja
    3.Kegiatan Penutup
    a.Siswa dipandu untuk membuat rangkuman
    b.Guru memberikan tugas / PR

Pertemuan ke-4 ( 2 x 40 Menit )
    1.Pendahuluan:
    a.Membahas tugas pertemuan sebelumnya
    b Dengan metode Tanya jawab guru  mengingatkan materi kesebangunan  pada
       segitiga dalam kehidupan sehari-hari, melalui percobaan menggambar segitiga
       dengan  menggunakan gelang karet
    c.Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran ini
    2.Kegiatan Inti:
    a.Siswa diminta menyebutkan bangun-bangun yang diperoleh melalui percobaan di
       atas dengan menuliskan kesamaan dan perbedaan dari kedua bangu tersebut 
    b.Siswa dikelompokkan  menjadi beberapa kelompok secara heterogen dengan jumlah
       anggota per kelompok 3 s/d 4 siswa
    c.Masing-masing kelompok mengerjakan dan mendiskusikan lembar tugas yang telah
       disiapkan guru
    d.Guru melakukan penilaian proses  / kinerja kelompok / performns anggotanya
    e.Hasil kerja / diskusi kelompok ditulis dalam lembar hasil kerja kelompok
    f.Dua atau tiga kelompok diminta untuk  mempresentasikan hasil diskusinya dan
      kemudian diadakan diskusi antar kelompok dengan dipandu oleh guru
    g.Siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompok, guru melaksanakan penilain hasil
       kerja
    h.Siswa mengerjakan tugas / soal evaluasi individu
    i.Siswa mengumpulkan hasil evaluasi individu, guru melaksanakan penilaian hasil
      kerja
    3.Kegiatan Penutup
    a.Siswa dipandu untuk membuat rangkuman
    b.Guru memberikan tugas / PR

Pertemuan ke-5 ( 2 x 40 Menit )
    1.Pendahuluan:
    a.Membahas tugas pertemuan sebelumnya
    b Dengan metode Tanya jawab guru  mengingatkan materi perbandinganpada bentuk
        segitiga  dalam kehidupan sehari-hari
    c.Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran ini
    2.Kegiatan Inti:
    a.Siswa diminta mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan kesebangunan pada
       LKS 
    b.Siswa dikelompokkan  menjadi beberapa kelompok secara heterogen dengan jumlah
       anggota per kelompok 3 s/d 4 siswa
    c.Masing-masing kelompok mengerjakan dan mendiskusikan lembar tugas yang telah
       disiapkan guru
    d.Guru melakukan penilaian proses  / kinerja kelompok / performns anggotanya
    e.Hasil kerja / diskusi kelompok ditulis dalam lembar hasil kerja kelompok
    f.Dua atau tiga kelompok diminta untuk  mempresentasikan hasil diskusinya dan
      kemudian diadakan diskusi antar kelompok dengan dipandu oleh guru
    g.Siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompok, guru melaksanakan penilain hasil
       kerja
    h.Siswa mengerjakan tugas / soal evaluasi individu
    i.Siswa mengumpulkan hasil evaluasi individu, guru melaksanakan penilaian hasil
      kerja
    3.Kegiatan Penutup
    a.Siswa dipandu untuk membuat rangkuman
    b.Guru memberikan tugas / PR

Pertemuan ke-6 ( 2 x 40 Menit )
    1.Pendahuluan:
    a.Membahas tugas pertemuan sebelumnya
    b Dengan metode Tanya jawab guru  mengingatkan kembali materi sebelumnya
    c.Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran ini
    2.Kegiatan Inti:
    a.Siswa diminta mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan kesebangunan pada
       LKS 
    b.Siswa dikelompokkan  menjadi beberapa kelompok secara heterogen dengan jumlah
       anggota per kelompok 3 s/d 4 siswa
    c.Masing-masing kelompok mengerjakan dan mendiskusikan lembar tugas yang telah
       disiapkan guru
    d.Guru melakukan penilaian proses  / kinerja kelompok / performns anggotanya
    e.Hasil kerja / diskusi kelompok ditulis dalam lembar hasil kerja kelompok
    f.Dua atau tiga kelompok diminta untuk  mempresentasikan hasil diskusinya dan
      kemudian diadakan diskusi antar kelompok dengan dipandu oleh guru
    g.Siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompok, guru melaksanakan penilain hasil
       kerja
    h.Siswa mengerjakan tugas / soal evaluasi individu
    i.Siswa mengumpulkan hasil evaluasi individu, guru melaksanakan penilaian hasil
      kerja
    3.Kegiatan Penutup
    a.Siswa dipandu untuk membuat rangkuman
    b.Guru memberikan tugas / PR

Pertemuan ke-7 ( 2 x 40 Menit )
    1.Pendahuluan:
    a.Membahas tugas pertemuan sebelumnya
    b Dengan metode Tanya jawab guru  mengingatkan kembali materi kesebangunan
    c.Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran ini
    2.Kegiatan Inti:
    a.Siswa diminta mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan kesebangunan pada
       LKS 
    b.Siswa dikelompokkan  menjadi beberapa kelompok secara heterogen dengan jumlah
       anggota per kelompok 3 s/d 4 siswa
    c.Masing-masing kelompok mengerjakan dan mendiskusikan lembar tugas yang telah
       disiapkan guru
    d.Guru melakukan penilaian proses  / kinerja kelompok / performns anggotanya
    e.Hasil kerja / diskusi kelompok ditulis dalam lembar hasil kerja kelompok
    f.Dua atau tiga kelompok diminta untuk  mempresentasikan hasil diskusinya dan
      kemudian diadakan diskusi antar kelompok dengan dipandu oleh guru
    g.Siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompok, guru melaksanakan penilain hasil
       kerja
    h.Siswa mengerjakan tugas / soal evaluasi individu
    i.Siswa mengumpulkan hasil evaluasi individu, guru melaksanakan penilaian hasil
      kerja
    3.Kegiatan Penutup
    a.Siswa dipandu untuk membuat rangkuman
    b.Guru memberikan tugas / PR

Pertemuan ke-8 ( 2 x 40 Menit )
    1.Pendahuluan:
    a.Membahas tugas pertemuan sebelumnya
    b Dengan metode Tanya jawab guru  mengingatkan kembali materi kesebangunan dan
       kongruensi
    c.Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran ini
    2.Kegiatan Inti:
    a. Siswa diminta mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan kesebangunan dan kongruen pada
       LKS 
    b.Siswa dikelompokkan  menjadi beberapa kelompok secara heterogen dengan jumlah
       anggota per kelompok 3 s/d 4 siswa
    c.Masing-masing kelompok mengerjakan dan mendiskusikan lembar tugas yang telah
       disiapkan guru
    d.Guru melakukan penilaian proses  / kinerja kelompok / performns anggotanya
    e.Hasil kerja / diskusi kelompok ditulis dalam lembar hasil kerja kelompok
    f.Dua atau tiga kelompok diminta untuk  mempresentasikan hasil diskusinya dan
      kemudian diadakan diskusi antar kelompok dengan dipandu oleh guru
    g.Siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompok, guru melaksanakan penilain hasil
       kerja
    h.Siswa mengerjakan tugas / soal evaluasi individu
    i.Siswa mengumpulkan hasil evaluasi individu, guru melaksanakan penilaian hasil
      kerja
    3.Kegiatan Penutup
    a.Siswa dipandu untuk membuat rangkuman
    b.Guru memberikan tugas / PR

H.Sumber Belajar:
    Buku Suber          :  Paket, Yudistira,  LKS
    Bahan dan Alat    :  Model bangun datar, Jaring-jaring BRSL, Kertas Manila

I.Penilaian
    Teknik        : Tugas kelompok dan tugas individu
    Bentuk Instrumen    : Tes Tertulis
    Instrumen        : Tugas






Mengetahui                    Singosari, 25 Juli 2009       
Kepala Sekolah,                    Guru Mata Pelajaran





Herri Suparto, BA.                                                                 Ahmad Hariamto S.Pd


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 SEKOLAH                   :   SMP Islam Al- Maarif 02 Singosari
MATA PELAJARAN   :   MATEMATIKA                                                                                                        KELAS / SEMESTER   :  IX /  I
Alokasi Waktu               :   4 x 40 ( 2 pertemuan)

StandarKompetensi :                                                                                                                                  1. Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah.

                  KompetensiDasar                                                                                                                                     1.2 Mengidentifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen

Indikator                  :
1.    Menyatakan pengertian dua segitiga sebangun
2.    Menyatakan sifat-sifat dua segitiga sebangun
3.    Menyatakan pengertian dua segitigqa kongruen
4.    Menyatakan sifat-sifat dua segitiga kongruen

Alokasi waktu           : 4 x 40 menit ( 2 pertemuan)
A.    Tujuan Pembelajaran :
1.    Siswa dapat menjelaskan pengertian sebangun.
2.    Siswa dapat menuliskan sifat-sifat dua segitiga sebangun.
3.    Siswa dapat menyatakan perbandingan pasangan sisi-sisi yang bersesuaian dari dua segitiga sebangun.
4.    Siswa dapat menjelaskan pengertian kongruen
5.    Siswa dapat menuliskan sifat-sifat dua segitiga kongruen
6.    Siswa dapat menuliskan pasangan sisi-sisi yang sama dari dua segitiga kongruen
7.    Siswa dapat menuliskan pasangan sudut yang sama dari dua segitiga kongruen.

B.    Materi Ajar :
Kesebangunan

C.    Metode Pembelajaran :
Investigasi Kelompok, diskusi kelompok, tanya jawab

D.    Langkah-langkah kegiatan :
Pertemuan pertama :
1. Pendahuluan
a. Apersepsi : - mengingat kembali tentang pengertian bangun datar sebangun, dan kongruen.
                         - mengingat kembali cara melukis sebuah segitiga

b. Motivasi  :  Apabila materi ini dikuasai siswa dengan baik, maka akan dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.

2. Kegiatan Inti :
a.    Siswa bersama-sama dengan teman sebangkunya melukis  beberapa pasangan segitiga yang ditugaskan guru (1. semua sudut yang bersesuaian dari kedua segitiga sama besar, 2. pasangan sisi-sisi yang bersesuaian dari kedua segitiga mempunyai perbandingan yang sama)
b.    Siswa mengamati bentuk masing-masing pasangan segitiga yang dilukisnya, membandingkan pasangan-pasangan sisi yang bersesuaian, kemudian dengan bimbingan guru siswa menyatakan bahwa pasangan segitiga itu sebangun
c.    Dengan bimbingan guru siswa menyatakan sifat-sifat dari dua segitiga yang sebangun .
d.    Siswa bersama teman sebangkunya mengerjakan soal latihan tentang dua segitiga sebangun dari buku sumber (karangan …, halaman …, latihan …, nomor …) guru mengamati dan memberikan bantuan pada siswa yang memerlukannya.
e.    Secara individu siswa mengerjakan soal yang diberikan guru, kemudian diperiksa silang ( koreksi ketuntasan ).

3. Kegiatan Penutup
a.    Dengan bimbingan guru, siswa diarahkan membuat rangkuman
b.    Siswa diberi tugas PR
c.    Siswa bersama-sama dengan guru melakukan refleksi

Pertemuan kedua :
1.    Pendahuluan:
a.     Apersepsi : - Membahas soal PR yang sulit
                          - Mengingatkan sifat-sifat dua segitiga sebangun
                          - Mengingat sifat-sifat jajargenjang
b.  Motivasi   :  Mengingatkan manfaat pengetahuan tentang dua buah segitiga kongruen  dalam kehidupan nyata.

2. Kegiatan Inti :
a    Siswa bersama-sama dengan teman sebangkunya melukis  beberapa pasangan segitiga yang ditugaskan guru (1. semua sisi-sisi yang bersesuaian dari kedua segitiga sama panjang, 2. mempunyai dua sisi bersesuaian sama panjang dan sebuah sudut yang diapitnya sama besar, 3. mempunyai satu sisi befrsesuaian sama panjang dan sudut dikedua ujung sisi tersebut yang bersesuaian sama besar)
b    Siswa menjiplak salah satu dari  masing-masing pasangan segitiga yang dilukisnya dan mengguntingnya, kemudian mengimpitkan guntingan tadi pada segitiga lainnya, dengan bimbingan guru siswa menyatakan bahwa pasangan segitiga itu kongruen
c    Dengan bimbingan guru siswa menyatakan sifat-sifat dari dua segitiga yang kongruen.
d    Siswa bersama teman sebangkunya mengerjakan soal latihan tentang dua segitiga kongruen dari buku sumber (karangan …, halaman …, latihan …, nomor …) guru mengamati dan memberikan bantuan pada siswa yang memerlukannya.
e    Secara individu siswa mengerjakan soal yang diberikan guru, kemudian diperiksa silang ( koreksi ketuntasan ).

3. Kegiatan Penutup
a    Dengan bimbingan guru, siswa diarahkan membuat rangkuman
b    Siswa diberi tugas PR
c    Siswa bersama-sama dengan guru melakukan refleksi

E. Alat dan sumber Belajar
Buku teks, penggaris, busur derajat, dan jangka.

F. Penilaian
Teknik : tes lisan dan tes tetulis
Bentuk instrumen : uraian
Instrumen  :
Pertemuan pertama :
1.    Perhatikan gambar 1 berikut
                                                 
                 
                                                 Gambar 1
a.    Tentukan besar < C dan < E !
b.    Tentukan pasangan-pasangan segitiga yang sebangun dan alasannya !
c.    Dari pasangan segitiga yang sebangun tentukan :
a)    Pasangan sisi bersesuaian yang mempunyai perbandingan sama
b)    Pasangan sudut bersesuaian yang sama besar

Pertemuan kedua :
2.    Perhatikan gambar 2 adalah sebuah jajargenjang

Tentukan :
a.    Semua pasangan ruas garis yang sama panjang
b.    Semua pasangan sudut yang sama besar
c.    Semua pasangan segitiga yang kongruen

Penskoran
Nomor 1a. jika benar  diberi skor maksimum 2
            1b. jika benar diberi skor  maksimum 3
            1c. jika benar diberi skor maksimum 5


Mengetahui    Singosari, 25 Juli 2009
Kepala Sekolah                                                                        Guru matematika





Herri Suparto, BA                                                                    Ahmad Hariamto S.Pd


















RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN 

Sekolah               : SMP  Islam Al Maarif 02 Singosari
Mata Pelajaran    : Matematika
Kelas /  Semester    : IX   /   I(satu)
Alokasi Waktu    : 2 x 40 Menit (  1 Pertemuan )

A. Standart Kompetensi
     2.Memahami sifat-sifat tabung, kerucut dan bola, serta menentukan ukurannya
B. Kompetensi Dasar
     2.1. Mengidentifikasi unsur-unsur tabung, kerucut, dan bola
C.Indikator
    Menyebut unsure-unsur jari-jari / diameter, tinggi, sisi, alas dari tabung, kerucut dan
    Bola
D.Tujuan Pembelajaran
    Dapat menentukan jari-jari / diameter, tinggi, sisi, alas dari tabung, kerucut dan bola
E.Materi Pembelajaran
    Bangun Ruang Sisi lengkung
F.Metode Pembelajaran
   CTL
G.Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
    1.Pendahuluan:
    a.Dengan metode Tanya jawab guru  mengkaitkan materi bilangan bulan dengan
       kehidupan sehari-sehari
    b.Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran ini
    2.Kegiatan Inti:
    a.Dengan metoda demonstrasi guru membimbing siswa untuk mengenal unsure-unsur
       pada tabung, kerucut dan bola
    b.Siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok secara heterogen dengan jumlah
       anggota per kelompok 3 s/d 4 siswa
    c.Masing-masing kelompok mengerjakan dan mendiskusikan lembar tugas yang telah
       disiapkan guru
    d.Guru melakukan penilaian proses  / kinerja kelompok / performns anggotanya
    e.Hasil kerja / diskusi kelompok ditulis dalam lembar hasil kerja kelompok
    f.Dua atau tiga kelompok diminta untuk  mempresentasikan hasil diskusinya dan
      kemudian diadakan diskusi antar kelompok dengan dipandu oleh guru
    g.Siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompok, guru melaksanakan penilain hasil
       kerja
    h.Siswa mengerjakan tugas / soal evaluasi individu
    i.Siswa mengumpulkan hasil evaluasi individu, guru melaksanakan penilaian hasil
      kerja
    3.Kegiatan Penutup
    a.Siswa dipandu untuk membuat rangkuman
    b.Guru memberikan tugas / PR
H.Sumber Belajar:
    Buku Suber             :  Paket , Erlangga, Yudistira,  LKS
    Bahan dan Alat       :  Model bangun ruang, Jaring-jaring BRSL, Kertas Manila
I.Penilaian
    Teknik        : Tugas kelompok dan tugas individu
    Bentuk Instrumen    : Tes Tertulis
    Instrumen        : Tugas

Mengetahui                    Singosari, 25 Juli 2009       
Kepala Sekolah,                    Guru matematika





Herri Suparto,BA.                                                                   Ahmad Hariamto S.Pd
RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN 




Sekolah               : SMP  Islam Al Maarif 02 Singosari.
Mata Pelajaran    : MATEMATIKA
Kelas /  Semester    : IX   /   I
Alokasi Waktu    : 12 x 40 Menit (  4 Pertemuan )

A. Standart Kompetensi
     2.Memahami sifat-sifat tabung, kerucut dan bola, serta menentukan ukurannya
B.Kompetensi Dasar
    2.2.Menghitung luas selimut dan volum tabung, kerucut dan bola
C.Indikator
    1.Menghitung luas selimut tabung, kerucut, dan bola
    2.Menghitung Volum  tabung, kerucut, dan bola
    3.Menghitung unsure-unsur tabung, kerucut, dan bola jika volumnya diketahui   
D.Tujuan Pembelajaran
    1.Dapat menghitung luas seluruh dan luas selimut tabung, kerucut, dan bola
    2.Dapat menghitung volume tabung, kerucut, dan bola
    3.Dapat menghitung jari-jari , jika volum tabung, kerucut dan bola
    4.Dapat menghitung tinggi jika volum tabung dan kerucut diketahui   
E.Materi Pembelajaran
    Bangun Ruang Sisi lengkung
F.Metode Pembelajaran
   Cerama , Tanya jawab, diskusi kelompok,
G.Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan ke-1 ( 3 x 40 Menit )
    1.Pendahuluan:
    a.Dengan metode Tanya jawab guru mengarahkan siswa untuk mengetahui dan dapat
       menyebutkan unsure-unsur tabung, dan kerucut untuk dapat menemukan yang
      dimaksud selimut tabung dan kerucut
    b.Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran ini
    2.Kegiatan Inti:
    a.Dengan metoda Tanya jawab guru membimbing siswa memahami langkah-langkah
       untuk menemukan rumus luas selimut pada tabung, dan kerucut
    b.Siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok secara heterogen dengan jumlah
       anggota per kelompok 3 s/d 4 siswa
    c.Masing-masing kelompok mengerjakan dan mendiskusikan lembar tugas yang telah
       disiapkan guru
    d.Guru melakukan penilaian proses  / kinerja kelompok / performns anggotanya
    e.Hasil kerja / diskusi kelompok ditulis dalam lembar hasil kerja kelompok
    f.Dua atau tiga kelompok diminta untuk  mempresentasikan hasil diskusinya dan
      kemudian diadakan diskusi antar kelompok dengan dipandu oleh guru
    g.Siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompok, guru melaksanakan penilain hasil
       kerja
    h.Siswa mengerjakan tugas / soal evaluasi individu
    i.Siswa mengumpulkan hasil evaluasi individu, guru melaksanakan penilaian hasil
      kerja
    3.Kegiatan Penutup
    a.Siswa dipandu untuk membuat rangkuman
    b.Guru memberikan tugas / PR

Pertemuan ke-2 ( 1 x 40 Menit )
    1.Pendahuluan:
    a.Membahas tugas pertemuan sebelumnya
    b..Dengan metode Tanya jawab guru mengarahkan siswa untuk mengetahui dan dapat
       menyebutkan selimut bola
    c.Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran ini


    2.Kegiatan Inti:
    a.Dengan metoda Tanya jawab guru membimbing siswa memahami langkah-langkah
       untuk menemukan rumus luas selimut pada bola
    b.Siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok secara heterogen dengan jumlah
       anggota per kelompok 3 s/d 4 siswa
    c.Masing-masing kelompok mengerjakan dan mendiskusikan lembar tugas yang telah
       disiapkan guru
    d.Guru melakukan penilaian proses  / kinerja kelompok / performns anggotanya
    e.Hasil kerja / diskusi kelompok ditulis dalam lembar hasil kerja kelompok
    f.Dua atau tiga kelompok diminta untuk  mempresentasikan hasil diskusinya dan
      kemudian diadakan diskusi antar kelompok dengan dipandu oleh guru
    g.Siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompok, guru melaksanakan penilain hasil
       kerja
    h.Siswa mengerjakan tugas / soal evaluasi individu
    i.Siswa mengumpulkan hasil evaluasi individu, guru melaksanakan penilaian hasil
      kerja
    3.Kegiatan Penutup
    a.Siswa dipandu untuk membuat rangkuman
    b.Guru memberikan tugas / PR

Pertemuan ke-3 ( 3  x 40 Menit )
    1.Pendahuluan:
    a. Membahas tugas pertemuan sebelumnya
    b.Dengan metode Tanya jawab guru mengarahkan siswa untuk memahami materi
       sebelumnya yang berkaitan dengan volum tabung, dan kerucut   
    c.Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran ini
    2.Kegiatan Inti:
    a.Dengan metoda Tanya jawab guru membimbing siswa memahami langkah-langkah
       untuk menemukan rumus volum tabung dan kerucut 
    b.Siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok secara heterogen dengan jumlah
       anggota per kelompok 3 s/d 4 siswa
    c.Masing-masing kelompok mengerjakan dan mendiskusikan lembar tugas yang telah
       disiapkan guru
    d.Guru melakukan penilaian proses  / kinerja kelompok / performns anggotanya
    e.Hasil kerja / diskusi kelompok ditulis dalam lembar hasil kerja kelompok
    f.Dua atau tiga kelompok diminta untuk  mempresentasikan hasil diskusinya dan
      kemudian diadakan diskusi antar kelompok dengan dipandu oleh guru
    g.Siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompok, guru melaksanakan penilain hasil
       kerja
    h.Siswa mengerjakan tugas / soal evaluasi individu
    i.Siswa mengumpulkan hasil evaluasi individu, guru melaksanakan penilaian hasil
      kerja
    3.Kegiatan Penutup
    a.Siswa dipandu untuk membuat rangkuman
    b.Guru memberikan tugas / PR

Pertemuan ke-4 (  1  x 40 Menit )
    1.Pendahuluan:
    a. Membahas tugas pertemuan sebelumnya
    b.Dengan metode Tanya jawab guru mengarahkan siswa untuk memahami materi
       sebelumnya yang berkaitan dengan volum bola   
    c.Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran ini
    2.Kegiatan Inti:
    a.Dengan metoda Tanya jawab guru membimbing siswa memahami langkah-langkah
       untuk menemukan rumus volum bola 
    b.Siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok secara heterogen dengan jumlah
       anggota per kelompok 3 s/d 4 siswa
    c.Masing-masing kelompok mengerjakan dan mendiskusikan lembar tugas yang telah
       disiapkan guru

    d.Guru melakukan penilaian proses  / kinerja kelompok / performns anggotanya
    e.Hasil kerja / diskusi kelompok ditulis dalam lembar hasil kerja kelompok
    f.Dua atau tiga kelompok diminta untuk  mempresentasikan hasil diskusinya dan
      kemudian diadakan diskusi antar kelompok dengan dipandu oleh guru
    g.Siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompok, guru melaksanakan penilain hasil
       kerja
    h.Siswa mengerjakan tugas / soal evaluasi individu
    i.Siswa mengumpulkan hasil evaluasi individu, guru melaksanakan penilaian hasil
      kerja
    3.Kegiatan Penutup
    a.Siswa dipandu untuk membuat rangkuman
    b.Guru memberikan tugas / PR

H.Sumber Belajar:
    Buku Suber              :  Paket , Yudistira,  LKS
    Bahan dan Alat        :  Model bangun ruang, Jaring-jaring BRSL, Kertas Manila

I.Penilaian
    Teknik        : Tugas kelompok dan tugas individu
    Bentuk Instrumen    : Tes Tertulis
    Instrumen        : Tugas





Mengetahui                    Singosari, 25 Juli 2009       
Kepala Sekolah,                    Guru matematika





Herri Suparto,BA                                                                    Ahmad Hariamto S.Pd   

   



RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN 

Sekolah               : SMP  Islam Al Maarif 02 Singosari
Mata Pelajaran    : MATEMATIKA
Kelas /  Semester    : IX   /  I
Alokasi Waktu    : 4 x 40 Menit (  2 Pertemuan )

A.Standart Kompetensi
    2.Memahami sifat-sifat tabung, kerucut dan bola, serta menentukan ukurannya
B.Kompetensi Dasar
    2.3.Memecahkan masalah yang berkaitan dengan  tabung, kerucut dan bola
C.Indikator
    1.Menghitung luas selimut tabung, kerucut, dan bola dalam soal –soal cerita
    2.Menghitung Volum  tabung, kerucut, dan bola dalam soal –soal cerita
    3.Menghitung unsure-unsur tabung, kerucut, dan bola jika volumnya diketahui  dalam
      soal –soal cerita 
D.Tujuan Pembelajaran
    1.Dapat menghitung luas seluruh dan luas selimut tabung, kerucut, dan bola
    2.Dapat menghitung volume tabung, kerucut, dan bola
    3.Dapat menghitung jari-jari , jika volum tabung, kerucut dan bola
    4.Dapat menghitung tinggi jika volum tabung dan kerucut diketahui   
E.Materi Pembelajaran
    Bangun Ruang Sisi lengkung
F.Metode Pembelajaran
   Cerama , Tanya jawab, diskusi kelompok.
G.Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan ke-1 ( 2 x 40 Menit )
    1.Pendahuluan:
    a.Dengan metode Tanya jawab guru  mengingatkan siswa kembali rumus luas selimut
      dan volume  tabung, dan kerucut
    b.Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran ini
    2.Kegiatan Inti:
    a.Dengan metoda Tanya jawab guru membimbing siswa dalam memecahkan soal-soal
      cerita yang berkaita n dengan  luaas selimut dan volum  tabung, dan kerucut
    b.Siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok secara heterogen dengan jumlah
       anggota per kelompok 3 s/d 4 siswa
    c.Masing-masing kelompok mengerjakan dan mendiskusikan lembar tugas yang telah
       disiapkan guru
    d.Guru melakukan penilaian proses  / kinerja kelompok / performns anggotanya
    e.Hasil kerja / diskusi kelompok ditulis dalam lembar hasil kerja kelompok
    f.Dua atau tiga kelompok diminta untuk  mempresentasikan hasil diskusinya dan
      kemudian diadakan diskusi antar kelompok dengan dipandu oleh guru
    g.Siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompok, guru melaksanakan penilain hasil
       kerja
    h.Siswa mengerjakan tugas / soal evaluasi individu
    i.Siswa mengumpulkan hasil evaluasi individu, guru melaksanakan penilaian hasil
      kerja
    3.Kegiatan Penutup
    a.Siswa dipandu untuk membuat rangkuman
    b.Guru memberikan tugas / PR

Pertemuan ke-2 ( 2 x 40 Menit )
    1.Pendahuluan:
    a.Membahas tugas pertemuan sebelumnya
    b Dengan metode Tanya jawab guru  mengingatkan siswa kembali rumus luas selimut
      dan volume  bola
    c.Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran ini


    2.Kegiatan Inti:
    a. Dengan metode Tanya jawab guru  mengingatkan siswa kembali rumus luas selimut
      dan volume  bola 
    b.Siswa dikelompokkan  menjadi beberapa kelompok secara heterogen dengan jumlah
       anggota per kelompok 3 s/d 4 siswa
    c.Masing-masing kelompok mengerjakan dan mendiskusikan lembar tugas yang telah
       disiapkan guru
    d.Guru melakukan penilaian proses  / kinerja kelompok / performns anggotanya
    e.Hasil kerja / diskusi kelompok ditulis dalam lembar hasil kerja kelompok
    f.Dua atau tiga kelompok diminta untuk  mempresentasikan hasil diskusinya dan
      kemudian diadakan diskusi antar kelompok dengan dipandu oleh guru
    g.Siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompok, guru melaksanakan penilain hasil
       kerja
    h.Siswa mengerjakan tugas / soal evaluasi individu
    i.Siswa mengumpulkan hasil evaluasi individu, guru melaksanakan penilaian hasil
      kerja
    3.Kegiatan Penutup
    a.Siswa dipandu untuk membuat rangkuman
    b.Guru memberikan tugas / PR

H.Sumber Belajar:
    Buku Suber             :  Paket , Yudistira,  LKS
    Bahan dan Alat       :  Model bangun ruang, Jaring-jaring BRSL, Kertas Manila

I.Penilaian
    Teknik        : Tugas kelompok dan tugas individu
    Bentuk Instrumen    : Tes Tertulis
    Instrumen        : Tugas








Mengetahui                    Singosari, 25 Juli 2009       
Kepala Sekolah,                    Guru matematika





Herri Suparto,BA.                                                                Ahmad Hariamto S.Pd






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah       :  SMP Islam Al Maarif 02 Singosari
    Mata Pelajaran    :    Matematika
    Kelas/semester    :    IX /  I
    Alokasi waktu    : 4 x 40 menit (2 pertemuan)

A.     Standar Kompetensi
    Melakukan pengolahan dan penyajian data

B.    Kompetensi Dasar
    3.1 Menentukan rata-rata, median dan modus data tunggal serta penafsirannya

C.    Indikator
    1.    Pengertian populasi dan sampel
    2.    Mengumpulkan data dengan mencacah, mengukur dan mencatat data dengan tali.
    3.    Mengurutkan data tunggal, mengenal data terkecil, data terbesar, dan jangkauan data.
    4.    Menjelaskan makna mean, modus, median, dan jangkuan data tunggal
    5.    Menghitung mean, modus, median, dan jangkuan data tunggal
   
   
D.     Tujuan Pembelajaran
    1.    Mengenal pengertian pengumpulan data statistik, sample, dan populasi.
    2.    Mengumpulkan data dengan cara mencacah, mengukur dan mencatat data.
    3.    Memahami pengertian data terkecil, data terbesar, dan jangkauan data.
4.    Memecahkan masalah konstekstual tentang menemukan data terkecil, terbesar, dan jangkauan data.
5.    Memecahkan masalah konstekstual tentang mean, modus, dan median, dan kuartil data tunggal.
6.    Menyebutkan perbedaan mean, modus, dan median, dan kuartil data tunggal.

E.    Materi Pembelajaran
Statistika: populasi, sample, data tungal, mean, modus, dan median, dan kuartil data tunggal.

F.    Metode Pembelajaran
    1.    Strategi     :    Pendekatan konstekstual
    2.     Model    : Kooperatif learning
    3.    Metode    :    Ceramah, Tanya jawab, dan diskusi kelompok

G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran   
    Pertemuan I
1.    Pendahuluan
    a.    Dengan Tanya jawab, guru mengkaitkan materi yang akan dipelajari dengan keadaan kehidupan sehari-hari.
    b.    Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai siswa dalam pembelajaran ini.
2.    Kegiatan inti       
a.     Siswa dikelompokkan secara heterogen  3 - 5 siswa per kelompok.
b.    Siswa diminta mengumpulkan data, dengan mengerjakan LKS
c.    Hasil diskusi kelompok ditulis di kertas manila, kemudian ditempel di depan kelas.
d.    Masing-masing kelompok secara begantian mempresentasikan hasil diskusi ke depan kelas.
e.    Siswa menyelesaikan tugas / soal yang diberikan guru secara individu atau kelompok
f.    Saat siswa kerja kelompok, guru melaksanakan penilaian kinerja
g.    Siswa dipandu untuk membuat rangkuman.
h.    Guru memberikan soal evaluasi.
3.    Penutup
    Guru memberikan PR.
Pertemuan II
1.    Pendahuluan
    a.    Siswa mendiskusikan pekerjaan rumah bersama guru
    b.    Dengan Tanya jawab, guru mengkaitkan materi yang akan dipelajari dengan keadaan kehidupan sehari-hari.
    b.    Menyampaikan kompeternsi yang akan dicapai siswa dalam pembelajaran ini.
2.    Kegiatan inti       
a.     Siswa dikelompokkan secara heterogen  3 - 5 siswa per kelompok.
b.    Setiap kelompok mengerjakan mengerjakan LKS
c.    Masing-masing kelompok secara begantian mempresentasikan hasil diskusi ke depan kelas.
d.    Siswa menyelesaikan tugas / soal yang diberikan guru secara individu atau kelompok
f.    Saat siswa kerja kelompok, guru melaksanakan penilaian kinerja
g.    Siswa dipandu untuk membuat rangkuman.
h.    Guru memberikan soal evaluasi.
3.    Penutup
    Guru memberikan PR.

H.    Sumber Belajar
1.    Buku Sumber    :    Buku matematika 
            LKS
2.    Bahan dan alat    :    Beberapa contoh diagram

I.    Penilaian
1.    Teknik    :
2.    Bentuk Instrumen    :
3.    Instrumen
1)    Data nilai ulangan umum Matematika kelas 9
7  6  4  6  8  3  5  5  6  1  4  4  6  5  6
5  5  6  3  4  5  8  7  7  5  9  5  4  6
Tentukan:
a)    data terkecil
b)    data terbesar
c)    jangkauan data
2)    Hitunglah mean, modus, median, dan jangkauan kuartil dari data berikut:
    6  8  7  4  7  3  4  5  7  9


Mengetahui                    Singosari, 25 Juli 2009       
Kepala Sekolah,                    Guru Mata Pelajaran




Herri Suparto, BA                                                                  Ahmad Hariamto S.Pd


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah       :  SMP Islam Al Maarif 02 Singosari
    Mata Pelajaran    :    Matematika
    Kelas/semester    :    IX /  I
    Alokasi waktu    :  4 x 40 menit (2 pertemuan)

A.     Standar Kompetensi
    Melakukan pengolahan dan penyajian data

B.    Kompetensi Dasar
    3.2 Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, dan lingkaran.

C.    Indikator
1.    Menyajikan data tunggal dan berkelompok dalam bentuk tabel dan diagram: piktogram, diagram batang, lingkaran, dan garis.
2.    Membaca /menafsirkan diagram suatu data

D.     Tujuan Pembelajaran
1.    Menggambar tabel dan diagram: piktogram, diagram batang, lingkaran, dan garis.
2.    Mempresentasikan hasil kelompok.
3.    Membaca /menafsirkan diagram suatu data
4.    Menyimpulkan diagram suatu data

E.    Materi Pembelajaran
    Statistika: tabel dan diagram

F.    Metode Pembelajaran
    1.    Strategi     :    Pendekatan konstekstual
    2.     Model    :  Kooperatif learning
    3.    Metode    :    Ceramah, Tanya jawab, dan diskusi kelompok

G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran   
Pertemuan I
1.    Pendahuluan
    a.    Siswa mendiskusikan pekerjaan rumah bersama guru
    b.    Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai siswa dalam pembelajaran ini.
2.    Kegiatan inti       
a.     Siswa dikelompokkan secara heterogen  3 - 5 siswa per kelompok.
b.    Setiap kelompok mendiskusikan bberapa bentuk tabel dan diagram yang ada dalam LKS.
c.    Masing-masing kelompok secara begantian mempresentasikan hasil diskusi ke depan kelas.
d.    Siswa menyelesaikan tugas / soal yang diberikan guru secara individu atau kelompok
e.    Saat siswa kerja kelompok, guru melaksanakan penilaian kinerja
f.    Siswa dipandu untuk membuat rangkuman.
g.    Guru memberikan soal evaluasi.
3.    Penutup
    Guru memberikan PR.
Pertemuan II
1.    Pendahuluan
    a.    Siswa mendiskusikan pekerjaan rumah bersama guru
    b.    Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai siswa dalam pembelajaran ini.
2.    Kegiatan inti       
a.     Siswa dikelompokkan secara heterogen  3 - 5 siswa per kelompok.
b.    Setiap kelompok mendiskusikan tugas yang ada dalam LKS.
c.    Masing-masing kelompok secara begantian mempresentasikan hasil diskusi ke depan kelas.
d.    Siswa menyelesaikan tugas / soal yang diberikan guru.
e.    Saat siswa kerja kelompok, guru melaksanakan penilaian kinerja
3.    Penutup
a.    Siswa dipandu untuk membuat rangkuman.
b.    Guru memberikan soal evaluasi.
c.    Guru memberikan PR.
H.    Sumber Belajar
1.    Buku Sumber    :    Matematika 
            LKS
2.    Bahan dan alat    :    Beberapa contoh diagram

I.    Penilaian
1.    Teknik    :  Tes tulis
2.    Bentuk Instrumen    :  Uraian
3.    Instrumen
Gambarlah diagram lingkaran dan diagram garis data pekerjaan orang tua siswa berikut ini:
Petani     : 12 orang
TNI     : 5 orang
PNS    : 16 orang
Lain-lain     : 7 orang
   





Mengetahui                    Singosari, 25 Juli 2009       
Kepala Sekolah,                    Guru Mata Pelajaran




Herri Suparto, BA                                                                  Ahmad Hariamto S.Pd





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekola         :  SMP Islam Al Maarif 02 Singosari
    Mata Pelajaran    :    Matematika
    Kelas/semester    :    IX /  I
    Alokasi waktu    : 4 x 40 menit (2 pertemuan)

A.     Standar Kompetensi
    4.  Memahami peluang kejadian sederhana

B.    Kompetensi Dasar
    4.1 Menentukan ruang sampel suatu percobaan

C.    Indikator
    1.    Mengenal pengertian sampel dan populasi
    2.    Menjelaskan pengertian percobaan.
    3.    Menentukan ruang sampel suatu percobaan dengan mendata titik-titik sampelnya
   
D.     Tujuan Pembelajaran
    1.    Membedakan pengertian sampel dan populasi
    2.    Menyebutkan hasil ruang sampel dan populasi.
3.    Menndemonstrasikan tentang percobaan statistika untuk menentukan ruang sampel, dan titik sampel
4.    Mempresentasikan hasil percobaan statistika kedepan kelas
5.    Menjelaskan pengertian percobaan statistika, ruang sampel dan titik sampel kejadian
6.    Menentukan nilai ruang sampel dan titik sampel dari percobaan statistika
7.    Mempresentasikan hasil kelompoknya kedepan kelas

E.    Materi Pembelajaran
Peluang: sampel, populasi, percobaan, ruang sampel.

F.    Metode Pembelajaran
    1.    Strategi     :    Pendekatan konstekstual
    2.     Model    : Kooperatif learning
    3.    Metode    :    Ceramah, Tanya jawab, dan diskusi kelompok

G.    Langakah-langkah Kegiatan Pembelajaran   
    Pertemuan I
1.    Pendahulan
a.    Membahas PR yang lalu
b.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
2.    Keuiatan lnti
a.    Siswa secara kelompok n,engerjakan LKS
b.    Flasil diskusi kelompok dipresentasikan kedepan kelas
c.    Siswa menyelesaikan tugas (soal) yang diberikan guru secara individu atau kelompok.
d.    Pada saat siswa kerja kelompok, guru melakukan penilaian kerja
e.    Siswa dipandu membuat rangkuman
f.    Guru memberikan soal evaluasi dari Buku materi matematika
3.    Penutup
    Guru memberikan PR.
Pertemuan II
1.    Pedahuluan :
a. Membahas PR yang Ialu
b. Menginformasikan kompetensi yang dicapai siswa dalam pembelajaran ini
2.    Kegiatan inti:
a.    Siswa diberi tubas menberjakan LKS
b.    Guru berkeliling untuk membimbing kelompok
c.    Masing - masing kelompok secara bergaritian mempresentasikan hasil diskusinya
d.    Siswa menyelesaikan tubas (soal) yang diberikan guru   
e.    Pada saat siswa kerja kelompok guru melakukan penilaian kinerja

f.    Siswa di pandu untuk membuat rangkuman
g.    Guru memberikan soal evaluasi
3.     Penutup :
Guru memberikan tugas /PR.

H.    Sumber Belajar
1.    Buku Sumber    :    Matematika 
            LKS
2.    Bahan dan alat    :    Beberapa contoh hasil percobaan statistika

I.    Penilaian
1.    Teknik    :  Tes tulis
2.    Bentuk Instrumen    :  Uraian
3.    Instrumen






Mengetahui                    Singosari, 25 Juli 2009       
Kepala Sekolah,                    Guru Mata Pelajaran





Herri Suparto, BA.                                                                  Ahmad Hariamto S.Pd






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah       :  SMP Islam Al Maarif 02 Singosari
    Mata Pelajaran    :    Matematika
    Kelas/semester    :    IX /  I
    Alokasi waktu    : 4 x 40 menit (2 pertemuan)

A.     Standar Kompetensi
    4.  Memahami peluang kejadian sederhana

B.    Kompetensi Dasar
    4.2 Menentukan peluang suatu kejadian sederhana

C.    Indikator
    1.    Menghitung peluang masing-masing titik pada ruang sampel.
    2.    Menghitung peluang dengan pendekatan frekuensi relatif
   
D.     Tujuan Pembelajaran
1.    Mendata dan  menyimpulkan nilai peluang masing-masing titik pada ruang sampel
2.    Mempresentasikan nilai peluang ke depan kelas
3.    Mendemontrasikan percobaan melempar sebuah dadu bermata 1, 2, 3, 4, 5, 6
4.    Mempresentasikan hasil percobaan melempar sebuah dadu ke depan kelas

E.    Materi Pembelajaran
Peluang: ruang sampel, nilai peluang, percobaan, frekuensi relatif. 

F.    Metode Pembelajaran
    1.    Strategi     :    Pendekatan konstekstual
    2.     Model    : Kooperatif learning
    3.    Metode    :    Ceramah, Tanya jawab, dan diskusi kelompok

G.    Langakah-langkah Kegiatan Pembelajaran   
    Pertemuan I
1.    Pendahulan
a.    Membahas PR yang lalu
b.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
2.    Keuiatan lnti
a.    Siswa secara kelompok mengerjakan LKS
b.    Hasil diskusi kelompok dipresentasikan kedepan kelas
c.    Siswa menyelesaikan tugas (soal) yang diberikan guru secara individu atau kelompok.
d.    Pada saat siswa kerja kelompok, guru melakukan penilaian kerja
e.    Siswa dipandu membuat rangkuman
f.    Guru memberikan soal evaluasi dari Buku materi matematika
3.    Penutup
    Guru memberikan PR.
Pertemuan II
1.    Pedahuluan :
a. Membahas PR yang Ialu
b. Menginformasikan kompetensi yang dicapai siswa dalam pembelajaran ini
2.    Kegiatan inti:
a.    Siswa diberi tubas menberjakan LKS
b.    Guru berkeliling untuk membimbing kelompok
c.    Masing - masing kelompok secara bergantian mempresentasikan hasil diskusinya
d.    Siswa menyelesaikan tugas (soal) yang diberikan guru   
e.    Pada saat siswa kerja kelompok guru melakukan penilaian kinerja
f.    Siswa di pandu untuk membuat rangkuman
g.    Guru memberikan soal evaluasi
3.     Penutup :
Guru memberikan tugas /PR.


H.    Sumber Belajar
1.    Buku Sumber    :    Matematika 
            LKS
2.    Bahan dan alat    :    Beberapa contoh hasil percobaan statistika

I.    Penilaian
1.    Teknik    :  Tes tulis
2.    Bentuk Instrumen    :   Uraian
3.    Instrumen




Mengetahui                    Singosari, 25 Juli 2009       
Kepala Sekolah,                    Guru Mata Pelajaran





Herri Suparto, BA.                                                                  Ahmad Hariamto S.Pd



   
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah       :  SMP Islam Al Maarif 02 Singosari
    Mata Pelajaran    :    Matematika
    Kelas/semester    :    IX /  I
    Alokasi waktu    : 2 x 40 menit (2 pertemuan)

A.     Standar Kompetensi
    4.  Memahami peluang kejadian sederhana

B.    Kompetensi Dasar
    4.3 Menghitung peluang kejadian
C.    Indikator
    1.    Menghitung peluang secara teoritis
    2.    Menentukan dan menghitung nilai peluang suatu kejadian
    D.     Tujuan Pembelajaran
1.    Menyimpulkan hasil secara teoritis dari suatu percobaan
2.    Menentukan dan menyimpulkan nilai peluang
3.    Mempresentasikan hasil pekerjaan kelompok
E.    Materi Pembelajaran
Peluang: teori nilai peluang
F.    Metode Pembelajaran
    1.    Strategi     :    Pendekatan konstekstual
    2.     Model    : Kooperatif learning
    3.    Metode    :    Ceramah, Tanya jawab, dan diskusi kelompok
G.    Langakah-langkah Kegiatan Pembelajaran   
    Pertemuan I
1.    Pendahulan
a.    Membahas PR yang lalu
b.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
2.    Kegiatan lnti
a.    Siswa secara kelompok mengerjakan LKS
b.    Hasil diskusi kelompok dipresentasikan kedepan kelas
c.    Siswa menyelesaikan tugas (soal) yang diberikan guru secara individu atau kelompok.
d.    Pada saat siswa kerja kelompok, guru melakukan penilaian kerja
e.    Siswa dipandu membuat rangkuman
f.    Guru memberikan soal evaluasi dari Buku materi matematika
3.    Penutup
    Guru memberikan PR.

H.    Sumber Belajar
1.    Buku Sumber    :  Buku matematika 
            LKS
2.    Bahan dan alat    :    Beberapa contoh hasil percobaan statistika

I.    Penilaian
1.    Teknik    :  Tes tulis
2.    Bentuk Instrumen    :  Uraian
3.    Instrumen


Mengetahui                    Singosari, 25 Juli 2009       
Kepala Sekolah,                    Guru Mata Pelajaran




Herri Suparto, BA.                                                                  Ahmad Hariamto S.Pd


            RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah        : SMP  Islam Al Maarif 02 Singosari
    Mata Pelajaran    :    Matematika
    Kelas/semester    :    IX /  II
    Alokasi waktu    : 4 x 40 menit (2 pertemuan)

A.     Standar Kompetensi
6.    Memahami barisan dan deret bilangan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.

B.    Kompetensi Dasar
    6.1 Menentukan pola barisan bilangan sederhana.

C.    Indikator
1.    Menuliskan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan barisan bilangan
2.    Menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan barisan dan deret bilangan
3.    Mengenal unsur-unsur barisan dan deret seperti suku pertama, suku berikutnya, beda dan rasio.
   
D.     Tujuan Pembelajaran
1.    Menuliskan beberapa suku dari barisan bilangan
2.    Menemukan pengertian barisan dan deet dengan cara mendiskusika masalah sehari-hari yang berkatian dengan  barisan dan deret.

E.    Materi Pembelajaran
Pola Bilangan

F.    Metode Pembelajaran
    1.    Strategi     :    Pendekatan konstekstual
    2.     Model    : Kooperatif learning
    3.    Metode    :    Ceramah, Tanya jawab, dan diskusi kelompok

G.    Langakah-langkah Kegiatan Pembelajaran   
    Pertemuan I
1.    Pendahulan
a.    Membahas PR yang lalu
b.    Dengan tanya jawab, guru mengkaitkan materi barisan bilangan dengan kehidupan sehari-hari.
c.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
2.    Kegiatan lnti
a.    Siswa menjawab pertanyaan guru sekitar barisan bilangan, misalnya: suku pertama, suku kedua, dan seteusnya, kemudian pengetian beda pada barisan aritmatika dan rasio pada barisan geometri.
b.    Dengan berkelompok (4-5 orang) siswa mengerjakan dan mendiskusikan lembar kerja yang telah disiapkan guru.
b.    Hasil diskusi kelompok dipresentasikan kedepan kelas
c.    Siswa menyelesaikan tugas (soal) yang diberikan guru secara individu atau kelompok.
d.    Pada saat siswa kerja kelompok, guru melakukan penilaian kerja
e.    Siswa dipandu membuat rangkuman
f.    Guru memberikan soal evaluasi dari Buku materi matematika

3.    Penutup
    Guru memberikan PR.
    Pertemuan II
1.    Pendahulan
a.    Membahas PR yang lalu
b.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
2.    Kegiatan lnti
a.    Siswa secara kelompok mengerjakan LKS
b.    Hasil diskusi kelompok dipresentasikan kedepan kelas
c.    Siswa menyelesaikan tugas (soal) yang diberikan guru secara individu atau kelompok.
d.    Pada saat siswa kerja kelompok, guru melakukan penilaian kerja
e.    Siswa dipandu membuat rangkuman
f.    Guru memberikan soal evaluasi dari Buku materi matematika
3.    Penutup
    Guru memberikan PR.

H.    Sumber Belajar
1.    Buku Sumber    :    Matematika
            LKS
2.    Bahan dan alat    :    Manik-manik, papan pola bilangan, batang korek api

I.    Penilaian
1.    Teknik    :
2.    Bentuk Instrumen    :
3.    Instrumen






Mengetahui                    Singosari, 25 Juli 2009       
Kepala Sekolah,                    Guru Mata Pelajaran




Herri Suparto, BA.                                                                 Ahmad Hariamto S.Pd



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah       : SMP  Islam Al Maarif 02 Singosari
    Mata Pelajaran    :    Matematika
    Kelas/semester    :    IX /  II
    Alokasi waktu    : 4 x 40 menit (2 pertemuan)

A.     Standar Kompetensi
6.    Memahami barisan dan deret bilangan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.

B.    Kompetensi Dasar
    6.2 Menentukan suku ke-n barisan aritmatika dan barisan geometri.

C.    Indikator
1.    Mengenal ciri barisan dan deret aritmatika
2.    Menentukan ‘beda’ pada barisan dan deret aritmatika
3.    Menemukan rumus suku ke-n barisan aritmatika
4.    Menemukan suku ke-n barisan atau deret aritmatika

D.     Tujuan Pembelajaran
Pertemuan I
1.    Mengenal ciri barisan dan deret aritmatika
2.    Menentukan ‘beda’ pada barisan dan deret aritmatika
3.    Menemukan rumus suku ke-n barisan aritmatika
4.    Menemukan suku ke-n barisan atau deret aritmatika
Pertemuan II
1.    Mengenal ciri barisan dan deret geometri
2.    Menentukan ‘rasio’ pada barisan dan deret geometri
3.    Menemukan rumus suku ke-n barisan geometri
4.    Menemukan suku ke-n barisan atau deret geometri

E.    Materi Pembelajaran
Pola Bilangan

F.    Metode Pembelajaran
    1.    Strategi     :    Pendekatan konstekstual
    2.     Model    :    Kooperatif learning
    3.    Metode    :    Ceramah, Tanya jawab, dan diskusi kelompok

G.    Langakah-langkah Kegiatan Pembelajaran   
    Pertemuan I
1.    Pendahulan
a.    Membahas PR yang lalu
b.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
2.    Kegiatan lnti
a..    Dengan berkelompok (4-5 orang) siswa mengerjakan dan mendiskusikan lembar kerja yang telah disiapkan guru.
b.    Hasil diskusi kelompok dipresentasikan kedepan kelas
c.    Siswa menyelesaikan tugas (soal) yang diberikan guru secara individu atau kelompok.
d.    Pada saat siswa kerja kelompok, guru melakukan penilaian kerja
e.    Siswa dipandu membuat rangkuman
f.    Guru memberikan soal evaluasi dari Buku materi matematika
3.    Penutup
    Guru memberikan PR.
    Pertemuan II
1.    Pendahulan
a.    Membahas PR yang lalu
b.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran



2.    Kegiatan lnti
a.    Siswa secara kelompok mengerjakan LKS
b.    Hasil diskusi kelompok dipresentasikan kedepan kelas
c.    Siswa menyelesaikan tugas (soal) yang diberikan guru secara individu atau kelompok.
d.    Pada saat siswa kerja kelompok, guru melakukan penilaian kerja
e.    Siswa dipandu membuat rangkuman
f.    Guru memberikan soal evaluasi dari Buku materi matematika
3.    Penutup
    Guru memberikan PR.

H.    Sumber Belajar
1.    Buku Sumber    :    Matematika
            LKS
2.    Bahan dan alat    :    Contoh-contoh barisan bilangan

I.    Penilaian
1.    Teknik    :  Tes tulis
2.    Bentuk Instrumen    : Uraian
3.    Instrumen
1)    Tentukan: beda, Rumus suku ke-n, dan suku ke 10 masing-masing barisan berikut ini!
    a. 2, 4, 6, 8, …
    b. 100, 95, 90, 85, …
    c. -20, -16, -12, -8, …
2)    Tentukan: rasio, rumus suku ke-n, dan suku ke 10 masing-masing barisan berikut ini!
    a. 2, 4, 8, 16, …
    b. 100, 50, 25,  …
    c. -20, 40, -80, 160,  …




Mengetahui                    Singosari, 25 Juli 2009       
Kepala Sekolah,                    Guru Mata Pelajaran




Herri Suparto, BA.                                                                 Ahmad Hariamto S.Pd





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah         : SMP  Islam Al -Maarif 02 Singosari
    Mata Pelajaran    :    Matematika
    Kelas/semester    :    IX /  II
    Alokasi waktu    : 4 x 40 menit (2 pertemuan)

A.     Standar Kompetensi
6.    Memahami barisan dan deret bilangan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.

B.    Kompetensi Dasar
    6.3 Menentukan jumlah n suku pertama deret aritmatika dan deret geometri

C.    Indikator
1.    Mengenal pengertisan deret aritmatika naik dan turun
2.    Menemukan rumus suku ke-n dan jumlah n suku petama deretan geometri

D.     Tujuan Pembelajaran
Pertemuan I
1.    Menemukan pengertian deret aritmatika naik dan turun.
2.    Menemukan rumus sukuke-n barisan aritmatika
3.    Menemukan rumus jumlah n suku pertama dari deret aritmatika
4.    Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan rumus suku ke-n barisan aritmatika
5.    Menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan jumlah n suku pertama dari deret aritmatika
Pertemuan II
1.    Menemukan pengertian deret geometri naik dan turun.
2.    Menemukan rumus sukuke-n barisan geometri
3.    Menemukan rumus jumlah n suku pertama dari deret geometri
4.    Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan rumus suku ke-n barisan geometri
5.    Menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan jumlah n suku pertama dari deret geometri.

E.    Materi Pembelajaran
Pola Bilangan

F.    Metode Pembelajaran
    1.    Strategi     :    Pendekatan konstekstual
    2.     Model    :    Kooperatif learning
    3.    Metode    :    Ceramah, Tanya jawab, dan diskusi kelompok

G.    Langakah-langkah Kegiatan Pembelajaran   
    Pertemuan I
1.    Pendahulan
a.    Membahas PR yang lalu
b.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
2.    Kegiatan lnti
a..    Dengan berkelompok (4-5 orang) siswa mengerjakan dan mendiskusikan lembar kerja yang telah disiapkan guru.
b.    Hasil diskusi kelompok dipresentasikan kedepan kelas
c.    Siswa menyelesaikan tugas (soal) yang diberikan guru secara individu atau kelompok.
d.    Pada saat siswa kerja kelompok, guru melakukan penilaian kerja
e.    Siswa dipandu membuat rangkuman
f.    Guru memberikan soal evaluasi dari Buku materi matematika
3.    Penutup
    Guru memberikan PR.
    Pertemuan II
1.    Pendahulan
a.    Membahas PR yang lalu
b.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
2.    Kegiatan lnti
a.    Siswa secara kelompok mengerjakan LKS
b.    Hasil diskusi kelompok dipresentasikan kedepan kelas
c.    Siswa menyelesaikan tugas (soal) yang diberikan guru secara individu atau kelompok.
d.    Pada saat siswa kerja kelompok, guru melakukan penilaian kerja
e.    Siswa dipandu membuat rangkuman
f.    Guru memberikan soal evaluasi dari Buku materi matematika
3.    Penutup
    Guru memberikan PR.

H.    Sumber Belajar
1.    Buku Sumber    :    Matematika
            LKS
2.    Bahan dan alat    :    --

I.    Penilaian
1.    Teknik    :  Tes tulis
2.    Bentuk Instrumen    : Uraian
3.    Instrumen
1)    Tentukan: beda, Rumus suku ke-n, dan suku ke 10 masing-masing barisan berikut ini!
    a. 2, 4, 6, 8, …
    b. 100, 95, 90, 85, …
    c. -20, -16, -12, -8, …
2)    Tentukan: rasio, rumus suku ke-n, dan suku ke 10 masing-masing barisan berikut ini!
    a. 2, 4, 8, 16, …
    b. 100, 50, 25,  …
    c. -20, 40, -80, 160,  …




Mengetahui                    Singosari, 25 Juli 2009       
Kepala Sekolah,                    Guru Mata Pelajaran




Herri Suparto, BA.                                                                  Ahmad Hariamto S.Pd



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

   
                                 Sekolah              :  SMP  Islam Al Maarif 02 Singosari
                                 Mata Pelajaran    :    Matematika
    Kelas/semester    :    IX /  II
    Alokasi waktu    : 4 x 40 menit (2 pertemuan)

A.     Standar Kompetensi
6.    Memahami barisan dan deret bilangan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.

B.    Kompetensi Dasar
    6.4. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret   

C.    Indikator
1.    Menggunakan sifat-sifat dan rumus-rumus pada deret aritmatika untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan deret.
2.    Menggunakan sifat-sifat dan rumus-rumus pada deret geometri untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan deret.

D.     Tujuan Pembelajaran
Pertemuan I
1.    Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan deret aritmatika
Pertemuan II
1.    Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan deret aritmatika

E.    Materi Pembelajaran
Barisan dan deret aritmatika
    Barisan dan deret geometri

F.    Metode Pembelajaran
    1.    Strategi     :    Pendekatan konstekstual
    2.     Model    :    Kooperatif learning
    3.    Metode    :    Ceramah, Tanya jawab, dan diskusi kelompok

G.    Langakah-langkah Kegiatan Pembelajaran   
    Pertemuan I
1.    Pendahulan
a.    Membahas PR yang lalu
b.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
2.    Kegiatan lnti
a..    Dengan berkelompok (4-5 orang) siswa mengerjakan dan mendiskusikan lembar kerja yang telah disiapkan guru.
b.    Hasil diskusi kelompok dipresentasikan kedepan kelas
c.    Siswa menyelesaikan tugas (soal) yang diberikan guru secara individu atau kelompok.
d.    Pada saat siswa kerja kelompok, guru melakukan penilaian kerja
e.    Siswa dipandu membuat rangkuman
f.    Guru memberikan soal evaluasi dari Buku materi matematika
3.    Penutup
    Guru memberikan PR.

Pertemuan II
1.    Pendahulan
a.    Membahas PR yang lalu
b.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
2.    Kegiatan lnti
a.    Siswa secara kelompok mengerjakan LKS
b.    Hasil diskusi kelompok dipresentasikan kedepan kelas
c.    Siswa menyelesaikan tugas (soal) yang diberikan guru secara individu atau kelompok.
d.    Pada saat siswa kerja kelompok, guru melakukan penilaian kerja
e.    Siswa dipandu membuat rangkuman
f.    Guru memberikan soal evaluasi dari Buku materi matematika

3.    Penutup
    Guru memberikan PR.

H.    Sumber Belajar
1.    Buku Sumber    :    Matematika
            LKS
2.    Bahan dan alat    :    --

I.    Penilaian
1.    Teknik    :  Tes tulis.
2.    Bentuk Instrumen    : Uraian
3.    Instrumen
1)    Di sebuah ruangan, barisan kursi pertama (terdepan) teridir dari 5 kursi. Barisan kedua terdiri darai 8 kursi, barisan ketiga 11 kursi, dan seterusnya. Berapa banyaknya kursi di ruang itu jika terdapat 10 baris kursi?
2)    Seekor amuba, tiap 1 menit sekali membelah menjadi dua. Satu menit kemudian kedua belah tersebut membelah menjadi 4, begitu seterusnya. Setelah berapa menit dari pertama kali membelah, amub tersebut menjadi 2048 ekor?
   



Mengetahui                    Singosari, 25 Juli 2009       
Kepala Sekolah,                    Guru Mata Pelajaran




Herri Suparto, BA.                                                                 Ahmad Hariamto S.Pd