Bidang Kesiswaan SMP Islam Al - Maarif 02 Singosari

BIDANG KESISWAAN
SMP ISLAM AL-MAARIF 02 SINGOSARI
TAHUN AJARAN 2010-2011

A. LATAR BELAKANG
      Indonesia telah terpuruk di bidang pendidikan selama kurang lebih satu dekade terakhir. Hal ini menjadi tugas bersama seluruh lembaga pendidik dan tenaga kependidikan untuk membangkitkan kembali dunia pendidikan. Kebangkitan dunia pendidikan harus dimulai dari hal yang terkecil dan mungkin terlupakan oleh kita bersama. Salah satu masalah yang terlupakan adalah peran serta atau keaktifan siswa di luar jam belajar (ekstra kurikuler). 
Sangat boleh jadi semangat belajar siswa ditentukan dari kepuasan mereka dalam menyalurkan bakat dan 
keinginannya. Faktor-faktor yang berhubungan secara langsung dan tidak langsung dengan siswa harus dijadikan sebuah tolak ukur untuk menentukan keberhasilan pendidikan.
Sekolah merupakan salah satu lembaga pendidikan yang secara langsung berhubungan dengan siswa dan dapat m
 engembangkan minat, bakat, dan keinginan siswa. Prestasi demi prestasi akan terus dicetak oleh siswa jika sekolah memberikan dukungan yang lebih kepada siswa.
 Tugas utama siswa di sekolah adalah belajar. Kegiatan di luar sekolah tentu bukan suatu batu loncatan ketika
 siswa tidak mampu lagi belajar. Kegiatan di dalam ekstra kuriuler haruslah menjadi penopang yang sangat kuat terhadap kegiatan belajar di sekolah.
B.  KEBIJAKAN UMUM
     Wakasek kesiswaan bertugas mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan siswa. Harapan uatamanya adalah bagaimana siswa menjadi insan beriman dan bertaqwa, terdidik, dan selalu mengembangkan kepribadiaannya untuk kemanfaatan pribadi, lingkungan dan orang lain.
 Semua kegiatan siswa sudah terakomodir dan difasilitasi oleh sekolah. Berkenaan dengan tugas tersebut, wakasek kesiswaan sudah menentukan garis besar semua kegiatan yang boleh diiikuti oleh siswa, diantaranya :
1.    Semua kegitan dilaksanakan dengan izin kepala sekolah dan orang tua siswa
2.    Semua kegiatan tidak melupakan tugas utamanya, yaitu belajar.
3.    Semua kegiatan selalu berorientasi untuk pengembangan diri setiap siswa
4.    Semua kegiatan didanai oleh komite sekolah dan dibantu oleh donatur yang tidak mengikat.
5.    Jadwal kegiatan harus disesuaikan dengan agenda kegiatan sekolah.
6.    Semua kegiatan sudah terencana dengan baik dan matang.
7.    Semua kegiatan tidak menyebabkan ekses negatif untuk siswa SMPI Al-Maarif 02 Singosari, maupun untuk yang lainnya.
8.    Semua kegiatan ekstra kurikuler harus dilasanakan di luar jam sekolah kecuali dalam keadaan mendesak dengan izin kepala sekolah.
C. LANDASAN HUKUM
1.    Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 1 butir 6 yang mengemukakan bahwa konselor adalah pendidik, Pasal 3 bahwa pendidikan nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik, dan Pasal 4 ayat (4) bahwa pendidikan diselenggarakan dengan memberi keteladanan, membangun kemauan, dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran, dan Pasal 12 Ayat (1b) yang menyatakan bahwa setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan pelayanan pendidikan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya.
2.    Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Pasal 5 s.d Pasal 18 tentang standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah.
3.    Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, yang memuat pengembangan diri peserta didik dalam struktur kurikulum setiap satuan pendidikan difasilitasi dan/atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan.
4.    Dasar Standarisasi Profesi Konseling yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Tahun 2004 untuk memberi arah pengembangan profesi konseling di sekolah dan di luar sekolah.
D. VISI :
•    Menigkatkan prestasi siswa SMP I Al maarif 02 dibidang akademik maupun non akademik.


E. MISI :
•    Menghasilkan kader yang islami yang mampu menunjukkan; identitas dan eksistensi dalam  akademik maupun keorganisasian
•    Mewadahi siswa serta menciptakan suasana organisasi sebagai ajang berproses dan mengembangkan kemampuan diri, menggali potensi dan menyalurkan bakat dan minat dibidang seni, olahraga, agama dan sebagainya
•    Meningkatkan kinerja serta kerja sama khususnya dalam organisasi siswa
•    Mengadakan kegiatan-kegiatan sosial dan keagamaan
F. PROGRAM PELAKSANAAN SUB BIDANG KESISWAAN
1. Organisasidan Kepemimpinan
Rincian Program :
•    Memilih dan mengesahkan keanggotaan Perwakilan Kelas dengan SK Kepala Sekolah.
•    Memilih, mengesahkan dan melantik pengurus Osis dengan SK Kepala Sekolah.
•    Mengadakan Latihan Dasar dan Kepemimpinan Pengurus Osis dan Anggota Perwakilan Kelas.
•    Membimbing dalam pembuatan Program kerja Osis
•    Mengadakan dan mengadministrasiakan evaluasi kegiatan Osis
    Mengadakan Dialog interaktif setiap 6 (enam) bulan sekali, dengan Pengurus Osis dan                                       anggota Perwakilan kelas.
G. KEGIATAN KO-KURIKULER DAN EKSTRA KURIKULER
Rincian Program :
1. Menetapkan Kegiatan ekstrakurikuler, antara lain :
•    Drum Band
•    Remaja masjid
•    Sepak Bola
•    Pramuka
•    Banjari
•    Volley Ball
•    Karate
•    Teater
•    Paduan suara
•    Lukis
•    Bahasa Inggris
•    Tenis Meja
2. Menetapkan pembina dan pelatih ekstrakurikuler
3. Membuat Program kegiatan ekstrakurikuler
4. Membuat jadwal latihan Ekstrakurikuler
5. Membuat daftar hadir peserta ektrakurikuler
6. Mengumpulkan nilai ekstrakurikuler
7. Membagikan nilai ekstrakurikuler pada wali kelas/kurikulum.
8. Membuat target pencapian prestasi masing-masing kegiatanekstrakurikuler
9. Mengevaluasi kegiatan ekstrakurikuler sebagai acuan programtahun yang akan datang.
H. WAWASAN WIYATA MANDALA
Rincian Program :
1. Memberdayakan Program 7 K
2. Membuat /membagi jadwal 7K pada tiap-tiap kelas :
•    Keamanan : Membuat jadwal piket harian
•    Kebersihan : Melibatkan seluruh guru dan siswa agar setiap masuk kelas lantai harus selalu tetap bersih.
•    Kesehatan : - Memeriksa kesehatan siswa
 - Menjaga kebersihan lingkungan.
•    Keindahan : Memberdayakan piket kelas dengan memasang bunga disetiap kelas.
•    Kekeluargaan : - Mengunjungi warga kelas yang terkena musibah.
       - Mengadakan rekreasi bersama.
•    Kerindangan : - Penanaman dan pemeliharan taman kelas.
     - Penanaman dan pemeliharaan pohon didepan kelas
3. Bekerja bersama wali kelas menyusun perlengkapan kelas meliputi :
•    Jadwal piket
•    Jadwal pelajaran
•    Buku jurnal
•    Buku presensi
•    Kalender pendidikan
•    Kalender umum
•    Gambar/hiasan penunjang pelajaran
•    Gambar/hiasan keindahan
•    Bekerja sama dengan BP/BK untuk menginformasikan siswa-siswa bermasalah.
•    Mengadakan buku panduan tata tertib sekolah dan mensosialisasikannya
I. ADMINISTRASI KESISWAAN DAN EVALUASI NON AKADEMIK
Rincian program :
•    Membentuk panitia PSB ( Jadwal dan sistem penerimaan ).
•    Membentuk panitia MOS ( Jadwal dan sistem pelaksanaannya )
•    Bekerjasama dengan BP/BK mendata daftar hadir dan data pribadi siswa.
•    Mendata mutasi keluar/masuk siswa.
•    Membuat papan data
•    Membuat proposal setiap akan mengadakan kegiatan siswa.
•    Mengadministrasikan setiap laporan kegiatan siswa.
•    Menganalisa setiap laporan kegiatan siswa.
J. KEUANGAN KESISWAAN
Rincian Program :
•    Menghimpun rencana anggaran masing-masing kegiatan.
•    Membuat rencana anggaran kegiatan siswa.
•    Membukukan anggaran kegiatan kesiswaan secara sistematis.
•    Membuat laporan anggaran terpakai setiap selesai kegiatan.
•    Membuat laporan keuangan setiap akhir bulan.
•    Membuat laporan keuangan tahunan pada akhir tahun Ajaran.
K.    PENUTUP

1.    KESIMPULAN
Semua kegiatan yang dilaksanakan, baik langsung oleh sekolah maupun oleh siswa yang berkaitan dengan pengembangan kepribadian selalu terencana dengan baik dan matang dengan selalu membuat rencana program kerja atau kegiatan dan rencana anggaran kegiatan. Semua rencana harus dilaksanakan dengan baik sesuai dengan agenda sekolah dan selalu dipantau oleh kepala sekolah melalui wakasek kesiswaan. Peran serta yang sangat aktif dari seluruh siswa sangat diharapkan demi terwujudnya kepribadian siswa yang menuju ke arah yang positif.
2.    SARAN-SARAN
Sebaik apapun kegiatan itu terenca dan terlaksana, maka penulisan laporan pertanggungjawaban harus dibuat untuk dijadikan bahan evaluasi dan rekomendasi untuk kegiatan-kegiatan berikutnya. Harapan utamanya adalah kegiatan yang sudah terlaksana akan menjadi cermin atau gambaran, sehingga kegiatan berikutnya akan terlaksana dengan baik dan sukses.

SUSUNAN TUGAS PEMBINA KESISWAAN
SMP ISLAM AL-MAARIF 02 SINGOSARI
TAHUN AJARAN 2010-2011

1.    Herry Suprapto, BA.        (  Kepala Sekolah  )
2.    Ahmad Harianto, S.Pd.         ( Waka Kesiswaan )
3.    Mohammad Siddiq, S.Ag.         ( Guru    )
4.    Atok Illa azhar,S.E                       ( Kep. TU  )
5.    Nur laila Puji Astutik,S.Pdi        ( Tatib  )
6.    Kusnul Budi, S.Sos                       ( Pustakawan )
7.    Purwanti, S.Pd            (Guru)


SUSUNAN PENGURUS OSIS DAN SEKSI BIDANG
SMP ISLAM AL-MAARIF 02 SINGOSARI
TAHUN AJARAN 2010-2011

1.    Ketua    : Setiya Wahyudi
2.    Wakil Ketua          :Dewi Riski Pertiwi
3.    Sekertaris           : Yersinia Wahyu A
4.    Wakil Sekertaris     : Elok viva nur Azizah
5.    Bendahara           : Cuci Wahyu Ningsih
6.    Wakil Bendahara      : Agung Rizki Islam
Seksi-seksi kebidangan

1.     Pembinaan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa :
            : Suci Indah Sari
        : Idris Imam Ghozali
        : Faizatul Qoyyimah
2.    Pembinaan Kehidupan Berbangsa dan bernegara :
        : Dina lestari
        : Linda novitasari
        : Yuri teguh Prasetyo
3.    Pembinaan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara :
        : Fajar syaifudin
        : Sella Maulita
        : Endrik Prasetyo
4.    Pembinaan Kepribadian dan Budi Pekerti Luhur :
        : Candra fitriani
        : Mei Sukmawati
        : Sucik yulia
5.    Pembinaan Berorganisasi, Pendidikan Politik dan Kepemimpinan :
        : Khoirul Musa
        : Della Dwi S
        : M Fandi Setiawan
6.    Pembinaan Keterampilan dan Kewiraswataan :
        : Siti Maisaroh
        : Faris Febrianto
        : Ella Junita Sari Toyib
7.    Pembinaan Kesegaran Jasmani dan Daya Kreasi :
        : Moh Irjik Yulianus
        : Anisa Wahyu
        : Joni Iskandar
8.    Pembinaan Persepsi, Apresiasi dan Kreasi Seni :
        : Tanti kiki Indriani
        : Arif Jarwanto
        : Siska Wati Indriani